Cara Membuat Sabun Mandi Transparan di Rumah - MISTERUDDIN

Cara Membuat Sabun Mandi Transparan di Rumah

Sabun batang transparan

Sabun transparan umumnya diproduksi pabrik, karena banyak perlengkapan yang diperlukan untuk mengolahnya. Namun, jika kamu ingin membuat sabun mandi transparan homemade, ternyata bisa saja, asal sesuai prosedur.

Bagaimana cara membuat sabun mandi transparan di rumah?


Berikut ini adalah langkah-langkah membuat sabun mandi transparan yang bisa kamu lakukan di rumah.

Pertama-Tuang NaOH ke dalam air suling untuk membuat larutan Alkali

Kedua-Campur minyak kelapa sawit, minyak kelapa, dan minyak jarak kemudian panaskan diatas suhu 50 derajat C.

Ketiga-Bila suhu larutan Alkali pada langkah pertama telah turun hingga 50 derajat C maka campurkan dengan campuran minyak yang telah didihkan.

Keempat-Lakukan pemanasan sabun hingga mencapai akhir proses saponifikasi – fase gel -> Ph pengujian (~ 2-3 jam). Cek ph sabun, jika telah sesuai, tambahkan campuran gliserin dan alkohol ke panci pembuatan sabun. Tuang secara perlahan-lahan dan pastikan pemanasan sabun ini jangan sampai terlalu panas agar alkohol tidak mudah menguap.

Kelima-Biarkan campuran sabun ini sekitar 30 menit hingga suhunya mencapai 30 derajat C. Jangan lupa untuk menutup wadah tersebut dalam keadaan kedap udara agar alkohol tidak akan menguap.

Keenam-Sambil menunggu campuran sabun di langkah 5, siapkan larutan gula Anda (saya sangat menyarankan untuk mempersiapkan dua kali lipat dari jumlah yang dibutuhkan – Anda akan membutuhkannya nanti untuk penyesuaian transparansi jika tidak bekerja pada percobaan pertama):
  1. Timbang air suling dan tambahkan gula
  2. Didihkan dan segera mematikan, air tidak harus menguap dan sisanya dari gula akan larut dalam air panas.

Ketujuh-Setelah 30 menit tambahkan larutan gula ke larutan sabun dan aduk rata.

Kedelapan-Test untuk transparansi sabun menggunakan gelas beku dari freezer dan balik gelas ini. Tuangkan sekitar satu sendok makan sabun di bagian bawah. Larutan sabun panas selalu transparan, sehingga cara untuk menilai sabun telah transparan atau belum dengan mendinginkan sabun transparan ini diatas gelas beku, sehingga proses pendinginan sabun akan cepat.

Kesembilan-Jika test transparan sabun ini tidak sesuai yang diharapkan di mana sabun blur / buram, tambahkan larutan gula. Catatan, ulangi maksimal dua kali, dan jangan menambahkan pelarut terlalu banyak, karena bisa menyebabkan berkeringat dan sebaliknya. Jika sabun masih buram, beralih dengan menambahkan alkohol atau gliserin.

Kesepuluh-Ulangi langkah 8 dan 9 sampai sabun mencapai transparan yang sesuai
Sabun transparan adev natural

Kesebelas-Bila Anda telah puas dengan larutan sabun transparan yang dihasilkan, tambahkan pewarna dan aroma. Perhatian, warna dapat mempengaruhi transparansi sabun. Kabar baiknya adalah bahwa Anda dapat menggunakan pewarna makanan.

Keduabelas-Tuangkan sabun mandi transparan ke dalam cetakan. Ketika menuangkan, gelembung kecil akan muncul, hilangkan gelembung ini. Masukkan cetakan ke dalam lemari es.

Ketigabelas-Setelah 1 hingga 2 jam, keluarkan cetakan dari lemari es dan simpan selama 4 minggu, setelah itu anda dapat menggunakannya sebagai sabun mandi.

Demikian cara membuat sabun transparan homemade. Semoga bermanfaat.

Baca Artikel Menarik Lainnya

0 Response to "Cara Membuat Sabun Mandi Transparan di Rumah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel