Cara Daftar NPWP Online dan Syarat Pendaftarannya - MISTERUDDIN

Cara Daftar NPWP Online dan Syarat Pendaftarannya

Cara daftar NPWP Online dan Syarat Pendaftarannya



Cara Daftar NPWP Online~NPWP atau Nomor Pokok Wajib Pajak adalah serangkaian nomor seri yang dipakai oleh kantor pajak untuk mengidentifikasi para wajib pajak (orang pribadi dan badan) yang dikeluarkan oleh Direktorat Wajib Pajak dalam bentuk kartu tanda pengenal dan diperlukan sebagai syarat untuk melakukan e-Filing dan transaksi perpajakan lainnya.

Apakah Semua Orang Wajib Memiliki NPWP? 


Seseorang yang menerima penghasilan akan kena pajak dari suatu perusahaan ataupun dari usaha sendiri. Apabila seseorang yang berpenghasilan tidak memiliki NPWP, maka dia akan dikenai pajak lebih tinggi 20% dari tarif normal. Jadi seseorang yang berpenghasilan lebih baik memiliki NPWP.

Bagaimana Cara Daftar NPWP secara Online?


Berikut ini adalah cara daftar NPWP onlinebagi wajib pajak pribadi: 

1. Jika kamu belum terdaftar di Ereg pajak, silahkan buat akun baru di ereg pajak (https://ereg.pajak.go.id). Isi kolom-kolomnya dan ikuti petunjuknya. Jangan lupa untuk memeriksa email kamu dan klik tautan aktivasi yang dikirimkan. Setelah itu, Pilih status "Pusat", jika kamu laki-laki atau perempuan lajang. Sedangkan jika kamu perempuan yang sudah menikah dan ingin mencabangkan NPWP pada suami kamu, maka pilih cabang. Selanjutnya ikuti langkah-langkahnya sampai ke tahap tujuh.

2. Jika kamu telah mengisi dari langkah 1 sampai 7, kini saatnya melanjutkan ke langkah 8. Di langkah ke delapan ini kamu harus menyiapkan dokumen sesuai dengan persyaratan pendaftaran NPWP yang akan kamu buat. Berikut ini adalah persayaratannya:

A. Peryaratan Wajib Pajak Orang Pribadi yang Tidak Menjalankan Usaha atau Pekerjaan Bebas 
  • Kartu identitas (KTP) bagi WNI
  • Paspor dan KITAS/KITAP bagi WNA
B. Persyaratan Wajib Pajak Orang Pribadi yang Menjalankan Usaha atau Pekerjaan Bebas atau Pengusaha Tertentu 
  • Kartu identitas (KTP) bagi WNI
  • Paspor dan KITAS/KITAP bagi WNA
  • Dokumen izin kegiatan usaha yang diterbitkan oleh instansi berwenang atau surat keterangan tempat kegiatan usaha atau pekerjaan bebas dari pejabat pemerintah daerah sekurang-kurangnya Lurah atau Kepala Desa. 

C. Persyaratan Wajib Pajak Orang Pribadi dengan Status Wanita Kawin yang Dikenai Pajak Terpisah Dari Suaminya 
  • Kartu identitas (KTP) bagi WNI
  • Paspor dan KITAS/KITAP bagi WNA
  • Fotokopi kartu NPWP suami
  • Fotokopi kartu keluarga
  • Fotokopi surat perjanjian pemisahan penghasilan dan harta atau surat pernyataan menghendaki melaksanakan hak dan kewajiban perpajakan terpisah dari hak dan kewajiban perpajakan suami. 

3. Setelah selesai isi formulir dan upload persyaratan, klik tombol "Token" (kode rahasia) yang ada pada dashboard. Kemudian cek email kamu. Bila setelah 1 menit, token belum juga dikirim, silakan klik tombol "Token" lagi. 

Selanjutnya copy-paste token di email tersebut dan masuk kembali ke menu dashboard. Lalu, klik "Kirim" dan paste kode token tersebut di kolom "Token". Setelah itu, klik "Kirim Permohonan". 

Kartu NPWP kamu akan dikirimkan ke alamat tempat tinggal terdaftar setelah mendapatkan persetujuan. Jika setelah periode tersebut, kamu belum mendapatkan juga kartu NPWP kamu, kemungkinan ada dokumen-dokumen yang belum dilengkapi atau dianggap tidak sah. 

Kamu bisa daftar NPWP online kembali dengan mengikuti cara daftar NPWP online atau telepon ke KPP tempat kamu terdaftar untuk informasi lebih lanjut.

Baca Juga: Cara Membayar Pajak Adsense, agar Penghasilan Cair/Masuk ke Rekening Bulan Ini

Demikian tadi sedikit ulasan tentang "Cara Daftar NPWP Online", semoga bermanfaat.

Baca Artikel Menarik Lainnya

33 Responses to "Cara Daftar NPWP Online dan Syarat Pendaftarannya"

  1. Wah ternyata daftar NPWP online juga cukup mudah yah, kebetulan dasboard adsense saya lagi ada notif minta id NPWP, boleh di coba nih.

    ReplyDelete
  2. Saya kira awalnya membuat npwp itu tidak bisa online, eh ternyata bisa, terimakasih mas buat tipsnya, ini sangat membantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama, kalau mas Nurdin belum punya NPWP bisa segera dicoba.

      Delete
  3. Pendaftaran NPWP secara online ini juga bagus buat peluang usaha, sudah banyak jadinya orang-orang yang membuka jasa semacam ini di sekitar kantor pajak di daerah saya.

    ReplyDelete
  4. Saya baru tahu kalau bikin NPWP bisa secara online, kalau gitu kita ga harus repot untuk antre saat membuatnya, terimakasih infonya.

    ReplyDelete
  5. wah bemanfaat sekali bagi saya yang pemula dalam dunia Adsense. terimakasih mas infonya

    ReplyDelete
  6. Saya daftar npwp online, tapi lama diantar ke rumah. Bagi teman-teman yang mau daftar npwp online juga harus aktif cek ke kantor pajak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saran yang bagus nih buat yang belum dapat kiriman, kalau ada waktu boleh juga segera ditindaklanjuti ke kantornya langsung.

      Delete
  7. Saya masih kecil jadi belum bisa daftar NPWP deh hehe. KTP aja belum punya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe, kalau belum wajib pajak ya nggak usah buat mas

      Delete
  8. Sukurlah kalau sudah ada cara buat NPWP online. Jadi bisa lebih hemat waktu. Terimaksih infonya, admin.

    ReplyDelete
  9. Beruntunglah sekarang mendapatkan NPWP sangatlah mudah..dengan daftar online dan memenuhi segala persyaratan yg ada.. Gak perlu repot repot datang ke kantor pajak buat bikin NPWP.. Tinggal duduk manis lalu buka situs pajak..daftar online trus isi segala form pendaftarannya.. Jika NPWP nya sudah jadi maka akan dikirim via pos ke alamat kita.. So .. Easy bangets..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, jadi efektif dan efisien kan jika NPWP bisa diurus secara online

      Delete
  10. Sekarang sudah serba online, zaman saya dulu mau ngurus NPWP aja sampai ngantri panjang karena Kpp waktu itu belum memiliki sarana yang memadai untuk bisa melayanai secara online. Sekarang gampang banget tinggal duduk manis depan komputer yang terhubung ke internet semua kerjaan bisa kelar termasuk membuat NPWP.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali mas, dengan adanya layanan NPWP Online kini masyarakat memiliki opsi tambahan dalam mengurus NPWP, untuk meminimalisir antrian panjang maka pengurusan NPWP bisa dilakukan di rumah, namun jika ada waktu dan kebetulan di KPP tidak sedang ramai maka opsi yang baik adalah mengurus langsung ke KPP.

      Delete
  11. ini sangat cocok bagi yg mau bikin NPWP tapi tidak ingin pergi ke kantornya. karena prosesnya cukup mudah.

    oh ya sebagai saran saja min, kalau bisa di sertai gambar juga ya proses langkah2nya biar lebih mengerti hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih masukkannya mas, kami list dulu ya saran tentang NPWP online ini

      Delete
  12. Daftar NPWP Online gak ribet, gampang, dan praktis. Saya udah ngalaminnya sendiri. Enggak perlu ngantri di kantornya. Tinggal isi formulir, trus besoknya kartunya sudah diantar ke rumah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, ini nih testimoni dari pengguna fitur NPWP online, ternyata memang recomanded ya

      Delete
  13. Jaman emang udah berubah ya. Bikin NPWP aja bisa online. Semuanya seperti dipermudah dengan adanya teknologi. Menarik sekali. Tp semoga diimbangi dengan pelayanan yg baik. Karena di beberapa kasus, terjadi kekacauan ketika menerapkan sistem online.

    ReplyDelete
  14. Waduh, harus buru-buru daftar nih soalnya saya belum punya npwp hehe.
    Ngomong-ngomong, artikel punya misterudidin cukup baik, enak dibaca dan juga terstruktur dengan baik.

    terimakasih atas informasi yang telah diberikan.

    ReplyDelete
  15. Setelah membaca sekilas tentang artikel “Cara Daftar NPWP Online dan Syaratnya” di atas, cukup mudah dipahami dan dimengerti. Selain menggunakan bahasa yang simpel juga langsung to do point. Dan bagi para pembaca, artikel yang ditulis penulis bisa langsung diaplikasikan dan rekomend.

    Saya sendiri juga memang tengah mencari artikel, terkait cara membuat NPWP atau Nomor Pokok Wajib Pajak secara online. Dan saat ini masih menyiapkan syarat-syarat yang harus dipenuhi dalam pembuatan NPWP Pribadi. Untuk sementara saya bookmark dulu halaman artikel ini.

    Namun ada satu pertanyaan min, tadi disebutkan pada artikel diatas bahwa terdapat tiga macam jenis NPWP. Mulai dari untuk karyawan, wirausahawan dan wanita yang telah menikah. Dan saya sendiri selaku karyawan dan juga memiliki usaha sendiri, atau bisa dibilang wirausaha. Jadi saya termasuk yang mana min? :D

    ReplyDelete
  16. Jadi kayak gitu yaaaa cara daftar NPWP online, berkat artikel ini sekarang sudah cara daftarnya dan juga semua syaratnya. Terimakasih infonya

    ReplyDelete
  17. Saya setelah baca baca ini ternyata npwp itu untuk bayar pajak dikirain saya kartu apa ☺, Dan ternyata bisa online, jadi ga perlu ribet Dan mengantri panjang ke pajak daerah Dan hemat

    ReplyDelete
  18. Untuk membuat NPWP apakah ada persyaratan yang lainnya? Semisal minimum umur yang diperbolehkan dalam membuat NPWP ini

    ReplyDelete
  19. Pembuatan NPWP secara online tidak ribet" amat ya..
    Tapi pengalaman yg saya alami, tahun kemarin saya sudah register via online dan sudah dapat nomor NPWP yang dikirim via email, dan menginformasikan kartu akan dikirim ke alamat terdaftar.

    Tapi, yg gua sebel, saat pengiriman kartu kenapa ga sampe" ke alamat rumah sampai beberapa bulan.

    Kalau kasusnya demikian, apakah saya bisa request cetak di KPP setempat?

    Btw, saya kelahiran Jawa dan saat ini merantau di Jakarta. Apa bisa saya cetak kartu di KPP Jakarta?

    Regards

    ReplyDelete
  20. Kalo enggak salah itu akhir tahun 2017 saya bikin npwp cuma enggak tau udah ada versi online apa belum lupa wkwk dan akhirnya saya bikin npwp langsung ke kantornya (deket bgt pula enggak ada 30 menit udh sampe) dan menurut saya sih proses bikin npwp nya sangat cepat banget.

    udah gitu yang melayani nya imut banget lagi mba-mba nya duh coba aja pas waktu bikin enggak ngajak "mantan" mungkin udah dapet kali itu number WA mba-mba nya.

    Nah, tutorial daftar npwp online pada artikel ini sangat mudah dipahami dan juga diterapin euy, jadi syedih kenapa nggak bikin npwp via online aja, huhuhu

    ReplyDelete
  21. Sekarang sudah serba online, zaman saya dulu mau ngurus NPWP aja sampai ngantri panjang karena Kpp waktu itu belum memiliki sarana yang memadai untuk bisa melayanai secara online. Sekarang gampang banget tinggal duduk manis depan komputer yang terhubung ke internet semua kerjaan bisa kelar termasuk membuat NPWP.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel