Cara Daftar NPWP Online dan Syarat Pendaftarannya

Baca Juga

Cara daftar NPWP Online dan Syarat Pendaftarannya



Cara Daftar NPWP Online~NPWP atau Nomor Pokok Wajib Pajak adalah serangkaian nomor seri yang dipakai oleh kantor pajak untuk mengidentifikasi para wajib pajak (orang pribadi dan badan) yang dikeluarkan oleh Direktorat Wajib Pajak dalam bentuk kartu tanda pengenal dan diperlukan sebagai syarat untuk melakukan e-Filing dan transaksi perpajakan lainnya.

Apakah Semua Orang Wajib Memiliki NPWP? 


Seseorang yang menerima penghasilan akan kena pajak dari suatu perusahaan ataupun dari usaha sendiri. Apabila seseorang yang berpenghasilan tidak memiliki NPWP, maka dia akan dikenai pajak lebih tinggi 20% dari tarif normal. Jadi seseorang yang berpenghasilan lebih baik memiliki NPWP.

Bagaimana Cara Daftar NPWP secara Online?


Berikut ini adalah cara daftar NPWP onlinebagi wajib pajak pribadi: 

1. Jika kamu belum terdaftar di Ereg pajak, silahkan buat akun baru di ereg pajak (https://ereg.pajak.go.id). Isi kolom-kolomnya dan ikuti petunjuknya. Jangan lupa untuk memeriksa email kamu dan klik tautan aktivasi yang dikirimkan. Setelah itu, Pilih status "Pusat", jika kamu laki-laki atau perempuan lajang. Sedangkan jika kamu perempuan yang sudah menikah dan ingin mencabangkan NPWP pada suami kamu, maka pilih cabang. Selanjutnya ikuti langkah-langkahnya sampai ke tahap tujuh.

2. Jika kamu telah mengisi dari langkah 1 sampai 7, kini saatnya melanjutkan ke langkah 8. Di langkah ke delapan ini kamu harus menyiapkan dokumen sesuai dengan persyaratan pendaftaran NPWP yang akan kamu buat. Berikut ini adalah persayaratannya:

A. Peryaratan Wajib Pajak Orang Pribadi yang Tidak Menjalankan Usaha atau Pekerjaan Bebas 
  • Kartu identitas (KTP) bagi WNI
  • Paspor dan KITAS/KITAP bagi WNA
B. Persyaratan Wajib Pajak Orang Pribadi yang Menjalankan Usaha atau Pekerjaan Bebas atau Pengusaha Tertentu 
  • Kartu identitas (KTP) bagi WNI
  • Paspor dan KITAS/KITAP bagi WNA
  • Dokumen izin kegiatan usaha yang diterbitkan oleh instansi berwenang atau surat keterangan tempat kegiatan usaha atau pekerjaan bebas dari pejabat pemerintah daerah sekurang-kurangnya Lurah atau Kepala Desa. 

C. Persyaratan Wajib Pajak Orang Pribadi dengan Status Wanita Kawin yang Dikenai Pajak Terpisah Dari Suaminya 
  • Kartu identitas (KTP) bagi WNI
  • Paspor dan KITAS/KITAP bagi WNA
  • Fotokopi kartu NPWP suami
  • Fotokopi kartu keluarga
  • Fotokopi surat perjanjian pemisahan penghasilan dan harta atau surat pernyataan menghendaki melaksanakan hak dan kewajiban perpajakan terpisah dari hak dan kewajiban perpajakan suami. 

3. Setelah selesai isi formulir dan upload persyaratan, klik tombol "Token" (kode rahasia) yang ada pada dashboard. Kemudian cek email kamu. Bila setelah 1 menit, token belum juga dikirim, silakan klik tombol "Token" lagi. 

Selanjutnya copy-paste token di email tersebut dan masuk kembali ke menu dashboard. Lalu, klik "Kirim" dan paste kode token tersebut di kolom "Token". Setelah itu, klik "Kirim Permohonan". 

Kartu NPWP kamu akan dikirimkan ke alamat tempat tinggal terdaftar setelah mendapatkan persetujuan. Jika setelah periode tersebut, kamu belum mendapatkan juga kartu NPWP kamu, kemungkinan ada dokumen-dokumen yang belum dilengkapi atau dianggap tidak sah. 

Kamu bisa daftar NPWP online kembali dengan mengikuti cara daftar NPWP online atau telepon ke KPP tempat kamu terdaftar untuk informasi lebih lanjut.

Demikian tadi sedikit ulasan tentang "Cara Daftar NPWP Online", semoga bermanfaat.

Telah Dilihat Sebanyak 1 Kali

5 Responses to "Cara Daftar NPWP Online dan Syarat Pendaftarannya"

  1. Wah ternyata daftar NPWP online juga cukup mudah yah, kebetulan dasboard adsense saya lagi ada notif minta id NPWP, boleh di coba nih.

    ReplyDelete
  2. Saya kira awalnya membuat npwp itu tidak bisa online, eh ternyata bisa, terimakasih mas buat tipsnya, ini sangat membantu

    ReplyDelete
  3. Pendaftaran NPWP secara online ini juga bagus buat peluang usaha, sudah banyak jadinya orang-orang yang membuka jasa semacam ini di sekitar kantor pajak di daerah saya.

    ReplyDelete
  4. Saya baru tahu kalau bikin NPWP bisa secara online, kalau gitu kita ga harus repot untuk antre saat membuatnya, terimakasih infonya.

    ReplyDelete
  5. wah bemanfaat sekali bagi saya yang pemula dalam dunia Adsense. terimakasih mas infonya

    ReplyDelete

Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel