Eksperimen (Percobaan) Membuat Sabun Transparan

Eksperimen (Percobaan) Membuat Sabun Transparan

Sabun Transparan~Pada kesempatan ini saya akan menulis tentang percobaan membuat sabun transparan, setelah membaca-baca dari berbagai sumber akhirnya saya tertarik untuk menulis hasil  percobaan membuat sabun transpran.

Baca Juga: √ Alasan Memilih Jasa Maklon Sabun Transparan di ADEV Natural

Apa saja alat percobaan membuat sabun transparan?

Eksperimen Membuat Sabun Transparan
pexels.com

Alat-alat untuk membuat sabun transparan

Beberapa alat untuk membuat sabun tranparan yang harus disiapkan adalah Gelas piala, gelas ukur, erlenmeyer, labu ukur, buret, pipet gondok, pipet tetes, neraca analitik, neraca kasar, pendingin tegak, batang pengaduk, tabung reaksi , jarum ose, cawan petri, lampu spritus, rak tabung, batu didih, thermometer, kompor dan gas, autoklaf, inkubator, oven, balb pipet, cetakan sabun, pisau cutter, standar dan klem, tang penjepit, desikator dan cawan penguap.

Setelah beberapa alat percobaan siap, langkah selanjutnya menyiapkan bahan-bahan untuk membuat sabun transparan.

Baca Juga: Kelebihan Sabun Transparan Tanpa Alkohol

Apa saja bahan percobaan membuat sabun transparan?

Bahan membuat sabun transparan
pexels.com

Bahan-bahan untuk membuat sabun transparan

Bahan membuat sabun transparan yaitu minyak kelapa, asam Stearat, NaOH, gula, gliserin, asam sitrat, NaCl, Cocoamide DEA, alkohol 96%, ekstrak daun sirih, parfum, pewarna, air, KOH 0,1 N dalam alkohol, HCl 10%, Indikator phenolphthalein 1%, Indikator jingga metil 0,05%, media NA, aquades, kertas cakram, HCl 0,1 N dalam alkohol, H2SO4 20%, dan Hexan.

Jika alat dan bahan membuat sabun transparan telah siap, maka percobaan membuat sabun transparan bisa segera dimulai.

Baca Juga: Cara Membuat Sabun Mandi Transparan di Rumah

Bagimana langkah-langkah membuat sabun transparan?

Langkah membuat sabun transparan
pexels.com

Langkah-langkah membuat Sabun Mandi Transparan

Langkah membuat sabun transparan yaitu panaskan minyak kelapa sebanyak 28,7 g, tambahkan asam stearat 7,5 g asam kemudian aduk sambil dipanaskan serta pertahankan suhu pemanasan, tambahkan NaOH yang sudah dilarutkan dengan 7,5 mL aquades sebanyak 6,5 g  aduk perlahan-lahan hingga terbentuk sabun, tambahkan 10 g gula yang sudah dilarutkan terlebih dahulu dengan 7,5 mL aquades, 10 g gliserin, 2 g asam sitrat, 0,1 g NaCl, 3 g Coco DEA, 15 mL alkohol, 5 mL ekstrak sirih,  pewangi secukupnya  dan penambahan dimasukkan satu persatu ke dalam gelas piala sambil  diaduk. Suhu pemanasan yaitu 700C dan terakhir dilakukan pencetakan. Setelah sabun dimasukkan cetakan, tunggu  sampai dingin agar hasil cetakan sabun transparan bisa maksimal.

Baca Juga: Cara Membuat Krim Wajah dari Bahan Organik dan Pemakaiannya

Demikian percobaan membuat sabun transparan mulai alat, bahan sampai langkah-langkah membuatnya, sabun transparan yang saya share ini belum dilakukan pengujian apakah layak pakai atau tidak, karena artikel ini hanya untuk sebuah percobaan membuat sabun saja, bukan untuk diproduksi masal.

Baca Artikel Menarik Lainnya

Show comments
Hide comments

0 Response to "Eksperimen (Percobaan) Membuat Sabun Transparan"

Post a Comment

Sabun Transparan ADEV Natural Atas

Sabun Transparan ADEV Natural 1

Sabun Transparan ADEV Natural 2

Sabun Transparan ADEV Natural Bawah