Cara Blogger DCB Membangun Personal Branding di Era Millenial

Cara Blogger DCB Membangun Personal Branding di Era Millenial


Bagaimana Cara Blogger DCB Membangun Personal Branding?

Blogger DCB~ Hai Sobat Misteruddin, pada kesempatan ini saya share cara membangun personal branding. Sudah tahu belum apa itu personal branding? kalau sudah tahu, syukur deh. Buat yang belum mengerti apa sih sebenarnya personal branding, jangan khawatir sobat nanti saya share juga contoh personal branding agar sobat bisa memahami dengan jelas makna dari personal branding.

Sebelum membahas personal branding, perlu saya kenalkan sebuah group blogger  yang mana group ini telah membuat saya meluangkan waktu untuk share artikel personal branding ini, sebut saja Blogger DCB, DCB atau Diskusi Cerdas Blogger adalah sebuah komunitas Blogger Indonesia yang tergabung dalam sebuah group WhatsApp, group ini dibagun oleh salah satu Blogger Indonesia berasal dari Bogor (AdamSyf).

Apa itu Blogger DCB?

DCB atau Diskusi Cerdas Blogger awalnya adalah sebuah group blogger asal buat digunakan admin hanya untuk mengumpulkan informasi seputar blog, namun dalam perkembangannya, DCB kini telah bermetamorfosis menjadi sebuah group WhatsApp solid seperti keluarga sendiri. Di group kami tidak hanya share artikel, saling komen dan sebagainya, kami anggota komunitas Blogger DCB membahas tentang bagaimana cara mengembangkan blog dan bagaimana seni bloging yang baik. Jadi  banyak untung deh bisa gabung di Group Blogger DCB. Buat para pemula bisa mengawali dengan topik-topik ringan seperti cara membangun blog, cara menambah view, cara meningkatkan jumlah laman kunjungan dst. Buat yang sudah lama bermain-main di blog bisa sharing-sharing ilmu blog lainnya dengan para sahabat blogger DCB. Siapa saja mereka?

Berikut ini beberapa Sobat Blogger DCB:

  1. Kurazone,
  2. Bacalagers,
  3. IdBlanter,
  4. Tinulis,
  5. AdamSyf,
  6. Senikoding,
  7. Amtread dll.
Bagaimana tertarik untuk join Group Blogger DCB?

Even Membangun Personal Branding

Di awal Maret 2019 Blogger DCB mengadakan Even keluarga yang bertema "Blogger DCB Membangun Personal Branding". Even Keluarga Blogger DCB bertujuan untuk mengasah kemampuan Optimasi si SERP para member. Wah! tentunya seru sekali, karena para member berlomba-lomba mendapatkan posisi teratas dengan kemampuan SEO-nya masing-masing, lebih serunya lagi, para pemenang Even Blogger DCB Membangun Personal Branding akan share trik-trik dalam memenangkan posisi teratas setelah even selesai. Hal ini tentu akan sangat bermanfaat sekali bagi semua anggota Blogger DCB, ilmu SEO member Blogger DCB akan semakin berkembang dengan belajar dari pengalaman sesama anggota. Inilah alasanya mengapa anggota blogger DCB semakin lama join semakin betah dan semakin solid seperti keluarga sendiri.

Seperti yang telah saya paparkan diatas, Blogger DCB sedang mengadakan even SEO di bulan Maret 2019, teknik yang digunakan pada even perdana ini tanpa menggunakan backlink apapun (artinya peserta kontes SEO tidak boleh mengangkat artikelnya dengan backlink). Jadi kemampuan Blogger DCB dalam menulis artikel SEO friendly yang diperlombakan. Hemm... sepertinya butuh batrei cadangan nih agar tenaga bisa strong terus memantau perkembangan artikel di SERP, hehe kayak perangkat elektronik saja butuh batrei.

Ngomong-ngomong tentang Search Engine Optimation, saya bisa dikatakan "NOL PUTHUL" (Jawa: tidak tahu sama sekali), lantas apa alasan saya mengikuti even membangun personal branding ini? terus terang saja, ini adalah even SEO pertama yang saya ikuti, tujuan mengikuti even ini adalah untuk belajar cara merebut hati google agar cinta pada artikel yang saya buat, Eh apa sih cinta-cinta hehe, ya kurang lebihnya seperti itu, intinya tujuan saya adalah untuk mempelajari cara mendapatkan urutan teratas di google.
Baiklah kita kembali ke pada tema Personal Branding.

Blogger DCB Membangun Personal Branding

Apa itu personal branding?

Personal Branding dalah sebuah cara mempromosikan diri sebagai merek, brading atau merek ini memuat kombinasi unik dari keterampilan, pengalaman, dan kepribadian yang diinginkan agar dunia melihatnya. Branding sangat penting untuk membangun personal berkarakter. Dengan memiliki branding seseorang terlihat lebih unggul dari lainnya. Orang tahu siapa kita dengan cukup mendengar nama saja, karena orang tersebut sebelumnya telah mengetahui kemampuan kita. Dan dari situlah orang memberikan branding kepada kita.

Branding tidak datang begitu saja, kita bisa membuat personal branding sesuai keinginan/kemampuan. Namun kita kadang kesulitan dalam membangun personal branding tepat dan baik karena kita belum tahu langkah-langkah tepat untuk membangun personal bramding.

Bagaimana cara membangun personal branding yang tepat?

Agar kamu tidak salah langkah dan tahu cara membangun personal branding dengan benar, simak berikut ini langkah-langkah terbaik dalam membangun personal branding:
1. Bangun Platform
DCB Membangun

Jika ingin memiliki merek pribadi atau personal branding unggul, di era digital ini diperlukan situs web untuk membuat platform virtualmu, buat web di platform seperti Blogger, Wordpress dst, jelaskan skillmu di situs. Keberadaan akun media sosial (seperti Facebook, Instagram, Twitter dll) berguna juga dalam membangun personla branding. Gunakan platform ini untuk membagikan keterampilan, pengalaman, dan kepribadianmu.

2. Identifikasi Keunikan atau Kekuatan
Membangun Personal

Dalam membangun Personal Branding, pikirkan tentang karakteristik dan kekuatanmu dalam karier. Ketahui karakter dan kekuatanmu, hal apa yang bisa kamu lakukan dan hal tersebut memang menjadi kelebihanmu.

3. Miliki Ruang
Personal Branding

Setelah mengidentifikasi keunikan dan kekuatanmu, kemudian tingkatkanlah. Pelajari semua dan menjadi ahli di bidang itu. Jangan pernah berhenti belajar. Banyak baca, serap, dan ajarkan. Dengan begini, kamu bisa membangun personal branding secara tepat.

4. Bagikan Pengetahuan
Blogger DCB Membangun Personal Branding

Untuk membangun branding, tidak cukup mempelajarinya, namun mengajarkan dan membagikan pengetahuanmu sangat penting untuk membangun branding. Lakukan ini melalui video, media sosial, dan penulisan online dan offline. Di sinilah kamu membuktikan personal branding.

5. Jadilah diri sendiri
Personal Branding Blogger

Temukan gayamu sendiri. Tidak harus melakukan apa yang dilakukan orang lain dan hanya mengikuti tren saja. Gunakan gaya dan keunikanmu untuk membangun personal branding agar dapat menarik pekerjaan dan klien yang kamu inginkan.

6. Identifikasi Nilai-Nilai dan Tetapkan Prioritas
Blogger DCB Tetap Pada Prioritas Personal Branding

Untuk membangun personal branding, sangat penting memiliki gambaran jelas tentang tujuan pribadi dan profesionalmu, baik jangka pendek maupun panjang. Ini akan membantumu untuk tidak hanya mengidentifikasi hal-hal paling penting dan menghabiskan waktumu tetapi juga untuk menyelaraskan proyek baru. Gunakan nilai-nilai dan prioritasmu sebagai kompas untuk memandumu dalam tindakan dan proses pengambilan keputusan. Ini akan memastikanmu tetap konsisten di jalur.
Sebuah strategi personal branding atau mencetak merek yang efektif memberikan banyak peluang atau kesempatan dan keunggulan untuk membangun kredebilitas, menginspirasi dan sukses sesuai karakter yang kamu bawa. Personal branding bukanlah hal yang mudah, dibutuhkan tindakan konsisten untuk mengeksekusi dan membangun merek pribadi.

Meskipun banyak pengetahuan dan bisa dipraktikkan dengan baik, jika tidak memiliki personal branding kuat maka akan kesulitan dalam menempatkan diri, karena branding tidak teridentifikasi, sehingga akan sangat sulit mengetahui seperti apa merek/brand pribadi atau personal branding terbaikmu.

Agar terasa lebih mudah dan untuk menambah wawasan kamu tentang personal branding, berikut ini sedikit contoh personal branding dari Blogger DCB di era millenial:


Contoh Personal Branding Blogger DCB

#1. Bagus Surochman
Member DCB Membangun Personal Branding_1
Founder Kurazone. net 

Personal Branding #1~Bagus surochman adalah seorang Blogger DCB asal blitar, dia founder dari blog kurazone. Di blog tersebut dia membahas tentang dunia blogging, sekaligus topik-topik berkaitan dengan kegiatan ngeblog; seperti HTML, CSS, JS, Template, Konten, SEO, Webmaster dan sebagainya. Usahanya membangun personal branding terbilang bagus, dia memakai avatar kura-kura untuk mewakili branding yang diusungnya, kura-kura bermimik nggemesin yang dipakai kurazone membuat orang lain (klien) mudah untuk mengingatnya. Tak heran kini kurazone dikenal di kalangan blogger. Selain itu Bagus Surochman pernah menjuarai sebuah kontes SEO beberapa bulan yang lalu, dia berhasil menyabet prestasi sebagai Juara Pertama dengan hadiah sebesar Rp.10.000.000,00. Hemm satu artikel saja senilai 10 juta rupiah... Seger bener nih.

#2. Iman Ridwan Syah
Member DCB Membangun Personal Branding_2
Founder Bacalagers. com

Personal Branding #2~Iman Ridwan Syah adalah Blogger DCB  asal Jakarta sekaligus pengurus Komunitas Blogger Jakarta, Iman mengelola banyak blog, diantaranya adalah Bacalagers media. Iman sukses membawa Bacalagers Media sebagai media cerdas masa kini, Bacalagers mengusung informasi seputar bisnis, blogging, kesehatan, lifestyle, properti, seo, teknologi dan travel.

Eksistensi Bacalagers Media di dunia internet sudah tidak diragukan lagi, hal ini terbukti dengan banyak artikelnya yang di share oleh pengguna media sosial. Sehingga tak heran jika Bacalagers pernah mendapatkan fee untuk sekali post artikel senilai $320 atau sekitar 5 Juta untuk satu artikel yang ditulisnya.

#3. Usman Assegaf
Member Blogger DCB Membangun Personal Branding_3
Founder Kursuskomputergratis. com

Personal Branding #3~Usman Assegaf adalah seorang blogger yang mengembara dari Tatar Galuh Ciamis Jawa Barat dan mengenal seni Blogging dari tahun 2009 silam. dia sangat suka menulis hal yang berdampak sosial bagi orang lain terutama pengguna Internet dan bagi Negeri ini. Dia menjadikan seni blogging sebagai media untuk bersilaturahmi dengan sehabat se-Nusantara. Baginya, suatu kebahagiaan dapat memberikan sesuatu berarti kepada orang lain, oleh karena itu dia selalu berusaha untuk memberikan hal edukatif.



Langkah yang ditempuh Kang Usman (*Sapaan Akrabnya) terbilang sangat sukses, hampir semua blogger di Nusantara mengenalnya, dia berhasil membawa brand KKG JV Adsense sebagai ciri khasnya. Banyak blogger Indonesia menjadi klien JV adsensenya, sistem pembayaran kecil dan terdapat infaq untuk anak yatim ini menjadi daya tarik KKG JV adsensenya.

Kesimpulan tentang Cara Membangun Personal Branding yang Tepat

Dengan membangun "Personal Branding" tepat maka peluang/ kesempatan menang dalam mendapatkan job akan signifikan. Karena klien tahu tentang branding kita, tahu tentang keunggulan dan lingkup kerja kita. Sehingga akan menepis keraguan para klien yang sebelumnya belum pernah kerjasama dengan kita.  Inilah pentingnya personal branding, seseorang cukup mendengar nama/brand kita dia akan tahu apa kemampuan dan keunggulan yang kita miliki.

Demikian ulasan dari saya mengenai "Cara Blogger DCB Membangun Personal Branding di Era Millenial", semoga sedikit sharing ini bisa bermanfaat buat kawan-kawan yang sedang mencari informasi seputar personal branding yang tepat.

Baca Artikel Menarik Lainnya :

Show comments
Hide comments

11 Responses to "Cara Blogger DCB Membangun Personal Branding di Era Millenial"

  1. Replies
    1. Iya mas, dia salah satu Blogger DCB yang jadi juragan adsense, kalau ada teman-teman yang sudah lama ngeblog namun belum berhasil mendapatkan akun adsense sendiri, saya sarankan untuk bergabung di KKG JV adsensenya.

      Delete
  2. Seperti Kakage JV adsense di era mileniall seperti ini sangat penting buat dapet duit banyak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah ini dia mas Iman Ridhwan Syah founder bacalagers media.

      Betul banget mas, di era millenial banyak hal yang memikat hati, dibutuhkan biaya cadangan untuk bisa bersaing.

      Apalagi sebagai seorang blogger millenial, akan butuh biaya ekstra untuk meningkatkan kualitas blog, mulai dari membeli domain untuk blognya sampai upgrade space hosting, dan tentunya masih banyak lagi keperluan pendukung lainnya.

      Karena peranan blog sangat penting sekali dalam mewakili brand atau merek yang sedang kita usung.

      Dengan blog yang berkarakter serta pelayanan yang profesional tentunya akan memantapkan pembaca atau klien dalam memakai jasa kita.

      Oleh karena itu akan butuh banyak biaya tambahan dalam membangun blog di era millenial ini, agar personal branding blog jelas dan terpercaya.

      Delete
  3. Keren banget ulasannya, semoga bisa memberikan kontribusi yang berdampak positif bagi masyarakat di dunia digitalisasi ini khususnya. Yap, saya sangat apresiasi bagi rekan rekan yang memiliki kejujuran dan kreativitas yang tinggi dalam mengerjakan sesuatu sehingga mendapatkan personal branding sebagai hadiahnya sehingga publik bisa semakin percaya baik dalam berteman maupun bermitra. kuncinya jujur, ulet dan ikhlas pasti berhasil.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Juragan adsense muncul juga nih,

      Buat yang belum kenalan, ini nih yang namanya mas usman, seorang bos KKG JV adsense.

      Oh ya terima kasih ya mas tambahannya tentang personal branding, saya sangat setuju sekali dengan kejujuran dan kreatifitas kerja maka personal branding yang baik akan secara alami didapatkan.

      Delete
  4. Setelah membaca beberapa cara membangun persoanl branding di atas, sepertinya saya harus lebih intens lagi pada web milik saya ..

    Yang unik dari artikel ini menurut saya, dan akan saya lakukan segera di web saya adalah menunjukkan ciri khas pribadi atau keunikan yang membuat branding ini berbeda dari yang lain.

    Walaupun sepertinya agak memakan waktu dan tenaga. Akan segera saya lalukan ..

    Terimakasih admin Misteruddin .. thanks for sharing this huge valueable article ..

    Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat mas, membangun personal branding memang dibutuhkan usaha yang konsisten dan berkelanjutan.

      Sukses ya dengan blognya.

      Delete
  5. Meskipun saya termasuk member baru di DCB, Tapi saya rasa DCB adalah grup blogger WhatsApp paling solid yang saya temui saat ini. para membernya baik2 gak ada yang toxic. Kalau bertanya mudah diajari. Beberapa diantara membernya adalah orang-orang yang besar dan terkenal di kalangan dunia perbloggeran. Baik terkenal karena ilmunya maupun earningnya. Diantara member keren tsb sudah disebutkan di atas. Semoga wadah ini bisa semakin maju kedepannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu juga menjadi alasan saya tetap aktif di Group Blogger DCB, para member saling support dan mereka semua berkarakter, personal branding dari blogger DCB benar-benar bagus.

      Delete
  6. memang membangun personal branding sangatlah poenting cuma kalau ga tau caranya memang susah untuk memulai apa yg harus dilakukan

    ReplyDelete

Insto Dry Eyes, Bye Mata Kering

Insto Dry Eyes, Bye Mata Kering

Insto Dry Eyes, Bye Mata Kering

Insto Dry Eyes, Bye Mata Kering