Petunjuk Penggunaan SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan

Petunjuk Penggunaan SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan

Petunjuk Penggunaan Sipp Online BPJS Ketenagakerjaan
SIPP Online, merupakan alat bantu perusahaan untuk melakukan pengelolaan data kepesertaan berupa data Perusaaan, data Tenaga Kerja, data upah dan penghitungan iuran secara cepat dan akurat. Aplikasi SIPP Online merupakan inovasi dari SIPP Desktop versi offline yang telah diperkenalkan sebelumnya.

SIPP Online, menjadi solusi bagi perusahaan peserta agar terhindar dari kesulitan pengelolaan administrasi kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan dengan informasi yang terjaga kualitas, validitas dan integritasnya.

Berikut ini adalah petunjuk penggunaan SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan yang bisa anda pelajari.



PETUNJUK PENGGUNAAN :

Aplikasi   Sistem  Informasi  Pelaporan  Perusahaan  (SIPP)  BPJS Ketenagakerjaan, adalah : aplikasi untuk pengelolaan laporan mutasi data kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan. Buku ini berisi petunjuk penggunaan yang diharapkan dapat membantu pengguna dalam mengoperasionalkan aplikasi SIPP.

1.1. Pendaftaran

Untuk melakukan pendaftaran New SIPP, bukalah website New SIPP melalui link yang ada di website BPJS Ketenagakerjaan atau dapat juga langsung membuka Website New SIPP (https://es.bpjsketenagakerjaan.go.id/sipponline/).
Petunjuk Penggunaan Sipp Online BPJS Ketenagakerjaan 1
Klik tombol Login untuk memasuki form login.

Kemudian akan terbuka form untuk login, klik Daftar SIPP.
Langkah 1 Anda harus mengisi Data Perusahaan dan Identitas Pengguna. Masukkan NPP (Nomor Pendaftaran Perusahaan) dan Divisi Anda. Jika NPP terdaftar, maka otomatis Nama Perusahaan akan terisi. Kemudian klik tombol Next.
Aplikasi akan menampilkan field Data User Login. Setelah itu anda harus mengisi  Email,  Password  dan  Ulangi  Password.  Kemudian  klik  tombol Next.
Aplikasi akan menampilkan Data User KPJ. Anda harus mengisi Data User
KPJ yg berisi field tentang Nomor Peserta(KPJ), Nama Lengkap, Tanggal
Lahir, dan Nomor Handphone. Kemudian kli tombol Daftar.
Setelah  klik  tombol  Daftar,  aplikasi  akan  menampilkan  verifiksi  nomor
handphone. Dan akan  mengirimkan One Time Password (OTP)  ke nomor handphone yang sudah dicantumkan. Apabila OTP yang dimasukkan benar maka akan muncul notifikasi berhasil.

Anda akan menerima email untuk aktifasi akun pada aplikasi SIPP. Klik link pada email yang didapat, kemiudian anda akan ter direct ke aplikasi SIPP untuk melakukan login sesuai dengan email dan password yang sudah didaftarkan.

1.2. Login

Masukkan alamat email dan password sesuai dengan   yang anda daftarkan.
Kemudian klik tombol Sign In.
Setelah anda berhasil masuk, aplikasi akan menampilkan halaman Mutasi Data.

2.1 Mutasi Data


2.1.1 Tambah Tenaga Kerja

Untuk  melakukan  proses  menambah  tenaga  kerja,  Anda  harus  Login  ke aplikasi New SIPP. Kemudian klik menu tombol Tambah TK.
Aplikasi akan menampilkan pop up pilihan tambah tenaga kerja. Anda bisa memilih Tambah Individu atau Tambah Massal (Upload). Kemudian klik tombol Pilih.

Selanjutnya  apabila  Anda memilih  untuk  Tambah  Individu,  maka  aplikasi akan menampilkan pop up pilihan tenaga kerja sudahh memiliki   KPJ atau belum.
Apabila Anda klik tombol Sudah, maka akan muncul field untuk melakukan input KPJ untuk tenaga kerja yang akan didaftarkan. Kemudian klik tombol Lanjut, apabila berhasil aplikasi akan menampilkan pop up Berhasil.
Tahap selanjutnya aplikasi akan menampilkan Form Tenaga Kerja untuk dilengkapi. Yang pertama harus dilengkapi adalah Profil Tenaga Kerja. Kemudian klik tombol Lanjut.

Setelah itu tahap selanjutnya adalah melakukan pengisian anggota keliuarga apabila sudah memiliki istri atupun anak. Untuk menambahkan anggota keluarga klik tombol Tambah Keluarga. Maka aplikasi akan menampilkan pop  up  form    Profil  Keluarga.  Setelah  mengisi  semua  field  pada  form tersebut, selanjutnya klik tombol Simpan.
Setelah tahapan Profil Tenaga Kerja dan Anggota Keluarga, maka aplikasi akan menampilkan halaman konfirmasi sesuai dengan data-data yang telah diisi. Apabila semua data sudah sesuai selanjutnya klik tombol Simpan, aplikasi akan menampilkan pop up berhasil.
Kemudian untuk melihat data yang sudah di input terekam didalam aplikasi, anda bisa melihat pada halaman utama lalu pilih LoV peserta baru. Maka aplikasi akan menampilkan data peserta baru yang sudah di input.
Selanjutnya apabila Anda memilih untuk Tambah Massal (Upload), maka aplikasi   akan   menampilkan   form   Upload   Tenaga   Kerja   Baru.   Untuk melakukan upload data  tenaga kerja hal pertama yang harus dilakukan adalah
klik tombol Download Template.
Aplikasi akan mendownload template dalam format excel yang didalamnya berisi field data-data tenaga kerja baru.

Setelah melakukan pengisian pada template yang sudah di download maka anda bisa melakukan upload file template tersebut dengan cara klik  Choose File kemudian pilih nama template file yang sudah di download. Lalu klik
tombol Upload.
Apabila terdapat data yang salah, tidak sesuai ataupun sudah terdaftar, maka aplikasi akan menampilkan pop up gagal upload. Kemudia akan ditampilkan juga alasan kenapa terjadi gagal upload.
Setelah anda melakukan perbaikan pada file template, selanjutnya klik tombol Upload Ulang. Aplikasi akan menampilkan kembali halaman untuk upload file.
Apabila data pada file template yang anda upload sudah benar maka akan muncul pop up berhasil.
Untuk sementara sampai di sini dulu artikelnya. Baca juga artikel lainnya tentang " Iuran BPJS Ketenagakerjaan".

Baca Artikel Menarik Lainnya

Show comments
Hide comments

0 Response to "Petunjuk Penggunaan SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan"

Post a Comment

Sabun Transparan ADEV Natural Atas

Sabun Transparan ADEV Natural 1

Sabun Transparan ADEV Natural 2

Sabun Transparan ADEV Natural Bawah